Kamis, 05 September 2013

Review Handphone Android Dual SIM GSM dan CDMA

Review handphone Android Dual SIM GSM dan CDMA - Dewasa ini pengguna HP mempunyai tujuan yang berlainan saat ingin membeli handset terbaru. Sejalan dinamika yang berkembang, kepemilikan perangkat seluler akan menyesuaikan mobilitas pemegangnya. Ada individu yang dalam aktifitas sehari-hari membutuhkan sebuah handphone multi kartu (dual SIM), karena memang masing-masing SIM card tersebut digunakan untuk kepentingan yang berlainan. Selain efektif menjalankan fungsinya, kedua kartu tersebut dapat dinikmati dalam satu perangkat. Banyak vendor yang mellihat celah tersebut, beberapa diantaranya telah mengkonversi sebagai peluang bisnis dengan menciptakan ponsel terbaik berkartu ganda. Baik itu HP dual SIM dengan jaringan GSM-GSM maupun GSM-CDMA, kedua perangkat ini telah banyak beredar di pasaran. Dalam praktiknya sering juga kita jumpai merk lokal menjual perangkat sejenis dengan harga yang murah.

HP Android Dual SIM GSM CDMA

Kini, HP Android dual SIM GSM dan CDMA keberadaannya cukup diminati banyak orang. Kenapa harus Android? Karena saat ini Android adalah sistem operasi yang paling banyak disematkan ke dalam handphone. Keberadaan handset berbasis Android sudah menjadi trend dunia dan terus mengalami perkembangan yang signifikan. Bahkan saking tenarnya hampir semua vendor ternama telah menggandeng sistem operasi besutan Google ini ke berbagai handset terbaru mereka, yang mana diantara perangkat-perangkat tersebut terdapat pula produk HP Android yang membawa fitur dual SIM seperti yang kami sebut di atas. Lantas apa saja ponsel Android yang membawa fitur dual SIM? Simak ulasan kami berikut ini tentang contoh-contoh ponsel Android dua kartu, yang kami kumpulkan dari berbagai sumber terpercaya.

Daftar Handphone Android Dual SIM on GSM

1. Samsung Galaxy Young Duos

Inilah ponsel Android pertama kita yang membawa dua jaringan sekaligus dalam handsetnya (GSM dan GSM). Dengan layar 3.14 inchi TFT capacitive touchscreen, handphone ini telah dibekali teknologi Samsung TouchWiz. Galaxy Young Duos juga memiliki spesifikasi cukup mumpuni berupa akses data internet berlabel 3G/HSDPA hingga 7.2 Mbps. 

CPU berkecepatan 832 MHz ikut menggawangi pada sektor dapur pacu, dengan topangan RAM sebesar 384 MB. Cukup lumayan dalam menjalankan perintah-perintah ringan. Adapun penyimpan berkas, Galaxy Young Duos melengkapi dirinya dengan memori internal 512 MB yang mendukung perluasan via microSD, up to 32GB. Untuk fitur hiburan telah dilengkapi kamera 3.15 MP. Sedangkan untuk transfer data, Anda akan mendapatkan Bluetooth, Wi-Fi, USB serta akses internet 3G/HSDPA. Galaxy Young Duos telah mempercayakan sistem-operasinya kepada Android OS, v2.3 (Gingerbread).

Harga Samsung Galaxy Young Duos

  • Harga baru: Rp. 1.280.000,00
  • Harga bekas: Rp. 900.000,00
2. Samsung Galaxy S Duos S7562

Masih dari keluarga Samsung, vendor ini memang dikenal paling atraktif dalam meramu perangkat-perangkat Android. Bahkan, di Indonesia sendiri market ponsel Android sampai saat ini masih dikuasai oleh produsen asal Korea Selatan tersebut. Seperti halnya Galaxy S Duos ini yang sanggup mencuri perhatian publik lewat fiturnya yang mengusung dual SIM card GSM.

Lebih jauh lagi, Galaxy S Duos telah dibekali prosesor Single Core dengan kecepatan 1 Ghz serta RAM 786MB. Mendiami layar 4 inchi LCD touchscreen, HP Android Samsung ini pertama dibuat untuk kalangan menengah ke atas. Sebagai tempat penyimpanan file, dua ruangan telah tersedia berupa internal memori berkapasitas 4 GB serta eksternal memori via microSD hingga 32 GB. Untuk ‘penangkap gambar’ HP dua kartu ini membawa perangkat kamera bersensor 5 megapiksel. Sedangkan untuk konektivitas, sederet bekal telah dipersiapkan berupa Wi-Fi, Bluetooth, microUSB, GPS serta masih ada lagi yang lain. Adapun transfer data telah terdapat dukungan 3G/HSDPA 7.2 Mbps. Membawa OS Android v4.0.4 (Ice Cream Sandwich), perangkat ini cukup tangguh untuk Anda gunakan.

Harga Samsung Galaxy S Duos S7562

  • Harga baru: Rp. 3.200.000,00
  • Harga bekas: Rp. 2.500.000,00
3. Cross A5

Ponsel Android selanjutnya hadir dari vendor lokal yaitu Cross Mobile Phone. Meski sering dipandang sebelah-mata terbukti Cross mempunyai kualitas cukup bagus, terutama koneksi internetnya sehingga layak untuk dimiliki seperti Cross A5 ini. Selain harga yang murah Cross A5 juga menghadirkan fitur dual SIM.

Berikut ini adalah spesifikasi Cross A5

  • Jaringan: Dualband GSM (900/1800 MHz) & Dual SIM
  • Layar: 3.5 inci, TFT Capacitive touchscreen HVGA (320×480 piksel)
  • OS: Android 2.3 Gingerbread
  • Prosesor: 1GHz
  • Memori internal: RAM 512 MB, ROM 4 GB
  • Memori eksternal: microSD up to 32GB
  • Transfer data: EDGE, GPRS
  • Kamera: 2 megapiksel, video recorder
  • Konektivitas: WiFi 802.11 b/g, WiFi Tethering, Bluetooth, kabel data USB, audio jack 3.5mm
  • Browser: HTML
  • Fitur lain: TV Analog, Audio/video player, 3D Gravity sensor, GPS, Google Maps, Google Play Store, Gmail, YouTube, Skype, WhatsApp, Calendar, calculator, alarm, clock, e-book, Cassing logam Stainles desain tipis, game Angry Bird
  • Baterai: Lithium 1500 mAh
Harga baru Cross A5 Rp. 500.000,00

4. Mito A100

Masih dari garapan lokal HP Android dual SIM kali ini datang dari Mito. Selain sering menerbitkan gadget kelas menengah, pabrikan yang melesat namanya lewat iklan di stasiun televisi ini juga menggarap ponsel low end, seperti Mito A100. Ponsel dua kartu ini telah menyematkan layar 3,5 inchi berlabel kapasitif touch screen bersama resolusinya HVGA. Adapun sektor “permesinan” dinahkodai oleh prosesor mediatek berkecepatan 1GHz, RAM 256MB, serta mendukung slot microSD untuk perluasan memori. Android v2.3 Gingerbread dipercaya untuk menggawangi sektor OS serta masih banyak fitur yang lainnya.

Harga baru Mito A100 ada di kisaran Rp. 450.000,00

Daftar Handphone Android Dual SIM on GSM-CDMA

1. HTC Desire V Duos

Handset asal Taiwan ini mengisi daftar ponsel dua kartu kita yang pertama (GSM-CDMA). HTC Desire VC merupakan HP dual on GSM + CDMA, yang mana dari segi jaringan CDMA ponsel ini telah mendukung sinyal EvDo. Namun sayang untuk SIM yang satunya (GSM), Desire V Duos belum menjangkau jaringan 3G. Meski demikian Anda masih bisa berinternet ria dengan jaringan GPRS biasa yang dirasa cukup untuk membuka situs-situs ringan seperti Facebook, Twitter maupun website sosial media yang lain. Adapun untuk CDMA, HTC Desire V Duos telah berkolaborasi dengan provider lokal yakni Bakrie telecom (BTel). Lebih jauh lagi, smartphone ini membawa amunisi berupa spesifikasi canggih di kelasnya.

Spesifikasi utama HTC Desire VC

  • Display Type Capacitive touchscreen, 16M colors
  • Size 480 x 800 pixels, 4.0 inches (~233 ppi pixel density)
  • Network GSM 900 / 1800 / 1900 - SIM 1, CDMA 800 / 1900 - SIM 2
  • 3G Network CDMA2000 1xEV-DO
  • Android OS, v4.0 (Ice Cream Sandwich)
  • Chipset Qualcomm MSM7227A Snapdragon
  • CPU 1 GHz Cortex-A5
  • GPU Adreno 200
  • Dual SIM (dual stand-by)
  • HTC Sense UI v4.0
  • microSD, up to 32 GB
  • Internal 4 GB storage, 512 MB RAM
  • Connectivity GPRS, CDMA Rev. A, up to 3.1 Mbps
  • Wi-Fi hotspot, WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA
  • Bluetooth v3.0 with A2DP
  • microUSB v2.0
  • Camera Primary 5 MP, 2592?1944 pixels, autofocus, LED flash
  • Sensors Accelerometer, proximity
  • Browser HTML, Adobe Flash Lite
  • GPS with A-GPS support
  • Stereo FM radio with RDS
Harga HTC Desire VC berkisar pada angka Rp. 3.000.000,00

2. Smartfren Andromax i

Adalah handphone yang dibundling bersama Smartfren untuk mendukung jaringan CDMA. Adapun pada slot SIM yang satunya (GSM) Anda bebas menggunakan kartu apa saja seperti lazim pada ponsel GSM-CDMA yang lain. Perangkat ini hadir berbekal layar LCD WVGA 4″ berteknologi IPS, dan telah dijejali prosesor dengan speed 1GHz berinti dua. Penampilan cukup menarik dengan sistem-operasinya menggandeng Android Ice Cream Sandwhich (ICS), serta masih banyak fitur-fitur yang lain.

Harga Smartfren Andromax i Rp. 1.199.000,00

3. Smartfren Andromax U

Andromax U hadir sebagai tindak lanjut dari generasi sebelumnya Andromax i yang sama-sama berkartu ganda GSM-CDMA. Sejalan dengan harganya ponsel Android ini menawarkan desain cukup menawan. Selain itu, sebuah prosesor berkecepatan 1,2GHz berinti dua menjadi otak yang dipercaya pada sektor permesinan. Spesifikasi tersebut sedikit lebih unggul dari pendahulunya. Adapun sistem operasi pada Andromax U menggunakan Android Ice Cream Sandwich yang bisa di up-grade ke versi di atasnya (Jelly Bean).

Harga Smartfren Andromax U ada di kisaran Rp. 1.599.000,00

Itulah tadi review handphone Android dual SIM telah kami sampaikan. Perlu kami tekankan bahwa harga dari masing-masing ponsel dalam daftar di atas tidak bersifat abadi, artinya dapat berubah kapanpun tanpa pemberitahuan terlebih-dahulu. Sejatinya masih banyak contoh ponsel lain dengan teknologi yang sama seperti yang kami paparkan di atas namun tentu tidak bisa kami tampilkan semuanya. Khusus bagi Anda yang hendak mengambil handphone dual on GSM-CDMA, hendaknya jangan terlalu khawatir dengan kualitas jaringan CDMA di tempat Anda bermukim, toh bila sinyalnya kurang bagus Anda masih bisa menggunakan SIM satunya lagi (yang GSM). Namun begitu keputusan akhir tetap berada di tangan Anda sebagai calon pemiliknya nanti.

Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar


iklan

 

Copyright © aditya. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com